PUASANYA PARA SANTRI AT-TAUHIID

PUASANYA PARA SANTRI AT-TAUHIID

Indralaya, Kampoeng Tauhiid Sriwijaya-Sebanyak kurang lebih 160 santri Pondok Pesantren At-Tauhiid baik ikhwan maupun akhwat membiasakan diri untuk mengupgrade keimanan spiritual, ketakwaan, dan menyempurnakan ibadah dengan melatih menjalankan amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW yaitu puasa sunnah senin dan kamis. Sebagaimana yang di ceritakan oleh Aisyah r.a bahwa “Nabi Muhammad SAW sering melalukan puasa senin dan kamis.” (HR. Ibnu Majah, At-Tirmidzi, dan An-Nasaí).

“Segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis akan diperiksa oleh malaikat. Karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Membina pribadi muslim adalah wajib. Terkhusus untuk Pondok Pesantren yang mana pesantren sendiri merupakan suatu lembaga pendidikan yang mengajarkan, membina, mendidik dan menanamkan nilai-nilai agama Islam dalam diri seorang santri. Puasa merupakan amal yang mencegar dari perbuatan buruk, menahan hawa nafsu, dan menenangkan hati. Selain metauladani kebiasaan Rasulullah manfaat puasa itu juga mampu dirasakan bagi kesehatan jasmani dan rohani, dijanjikan pintu khusus untuk masuk syurga dan masih banyak lagi

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR Bukhori dan Muslim).

Shaum sunnah santri At-Tauhiid sebagian besar diberikan oleh para donatur atau muzzaki yang bersedia membersihkan atau menyumbangkan sedikit rezekinya, menabung amal jariyah melayani para santri-santri yang berpuasa.

Kegiatan sahur di mulai setelah sholat tahajud pada pukul 04.00 WIB samapai dengan imsak, Berbukanya dilihat dari jadwal maghrib di daerah sumatera selatan pada pukul 18.24 WIB. Untuk makanan sahur sudah disediakan oleh tim konsumsi di dapur. Alhamdulillah kegiatan puasa sunnah ini sudah berjalan dari tahun ketahun sampai dengan sekarang.

CARA MUDAH BERDONASI :

http://www.kampoengzakat.com

Call Centre : 0811-747-593

Nabi SAW bersabda “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

Barakallahu fiikum

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *