PENTINGNYA MEMPELAJARI SIRRAH NABAWIYAH-KAMPOENG TAUHIID SRIWIJAYA

PENTINGNYA MEMPELAJARI SIRRAH NABAWIYAH-KAMPOENG TAUHIID SRIWIJAYA

Ogan Ilir, 15 Juli 2020. Kampoeng Tauhiid Present

Tujuan mempelajari Sirrah Nabawiyah bukan sekedar untuk mengetahui peristiwa-peristiwa sejarah. Karena Fiqh Sirrah Nabawiyah bukan termasuk kajian sejarah seperti halnya sejarah raja-raja atau pelajaran sejarah periode silam.

Tujuan mempelajari Sirrah Nabawiyah ialah agar setiap muslim memperoleh gambaran tentang hakikat Islam secara paripurna yang tercermin di dalam kehidupan Nabi S.A.W. Karena Sirrah Nabawiyah adalah upaya aplikatif untuk memperjelas hakikat Islam secara utuh dalam keteladanannya yang tertinggi, yakni Nabi Muhammad S.A.W.
Kita dapat memahami pribadi kenabian Rasulullah S.A.W dan kondisi yang pernah dihadapinya serta menegaskan bahwa Rasulullah S.A.W bukan hanya seorang yang terkenal, melainkan sebelum itu beliau adalah Rasul yang di utus Allah SWT dengan Taufik dan Wahyu dari-Nya.

Agar kita sebagai manusia mendapatkan gambaran Al Matsal al-A’la (tipe ideal) menyangkut seluruh aspek kehidupan yang utama untuk dijadikan pedoman kehidupan.
Karena banyak ayat Al Qur’an yang baru bisa ditafsirkan dan dijelaskan maksudnya melalui peristiwa-peristiwa yang pernah dihadapi Rasullullah S.A.W, maka penting untuk mempelajari Sirrah Nabawiyah agar kita dapat terbantu dalam memahami kitab Allah.

Melalui Sirrah Nabawiyah ini, seorang muslim dapat mengumpulkan sekian banyak tsaqofah dan pengetahuan islam yang benar baik menyangkut akidah, hukum dan akhlak. Karena kehidupan Rasulullah Saw merupakan gambaran yang konkret dari sejumlah prinsip dan hukum Islam.

Agar setiap da’i atau pembina islam memiliki contoh hidup menyangkut pembinaan dan dakwah
Dengan mempelajari Sirrah Nabawiyah semoga kita bisa menjadi muslim secara Kaffah (menyeluruh) dan dapat melakukan secara imbang antara kewajiban beribadah kepada Allah dan bergaul dengan keluarga dan masyarakat dengan bai

Yuk Belajar Sirrah Nabawiyah 🙂

 

 

 

 

Sumber : Buku Sirrah Nabawiyah, Analisis Ilmiah Manhajiah Sejarah Pergerakan Islam di Masa Rasulullah Saw
Pengarang : Dr. Muhammad Sa’id Al Buthy
Judul Asli : Fiqhus Sirah, Dirasat Manhajiah ‘Ilmiyah li Siratil-Musthafa ‘alaihish-Shalatu was-Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *