MATRIKULASI SANTRI DI PESANTREN

MATRIKULASI SANTRI DI PESANTREN

Indralaya, Kampoeng Tauhiid Sriwijaya-Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan sebagai tempat tinggal, tempat belajar baik ilmu Agama maupun ilmu pengetahuan umum yang di ajarkan di bawah bimbingan guru yang ahli dalam bidangnya yang lebih dikenal dengan istilah Ustadz, Ustadzah, Kiyai dan lain sebagainya.

Adapun salah satu program yang dijadikan pendidikan dasar pada tahap semester di pesantren At-Tauhiid ialah Program Matrikulasi, dimana santri di didik untuk mengenal lebih dekat terkait lingkungan pesantren dan menjadi program menyamakan presepsi antar peserta didik sehingga keseragaman input dalam setiap pembelajarannya.

Kegiatan matrikulasi ini dilakukan selama 2 pekan atau 14 hari. Di tambah dengan lingkungan pesantren yang asri membuat suasana pembelajaran benar-benar terasa sangat khusuk.

Adapun materi yang diajarkan dalam program matrikulasi di sini antara lain pembelajaran tentang Adab, Akhlak, Kemandirian, Tahsin Al-Qur’an dan lain sebagainya yang mampu memacu berkembangnya potensi santri baik dalam segi materi dan implementasi dalam kehidupan sehari hari terlebih dari segi karakter kemandirian.

Guna matrikulasi ini ketika di terapkan mampu menjadi tolak ukur  atau perbandingan karakter santri dengan diadakannya program ini dan setelah adanya upaya peningkatkan karakter kemandirian santri, dapat membawa perubahan dan berpengaruh pada diri masing-masing santri agar lebih mantap dalam meningkatkan karakter kemandiriannya yang akan menjadi bekal dalam bermasyarakat, bernegara, bahkan di lingkup keluarga terutama.

Barakallahu fiikum

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *